Korban PHK Cari Cacing Untuk Makan

“..lumayan buat biaya kebutuhan sehari-hari. Memang semakin banyak cacing, makin banyak hasilnya. Kalau nasibnya lagi baik bisa dapat banyak, sehari bisa dapat dua ribu rupiah..”

Ini bukan sebuah catatan buram mengenai kenyataan seseorang, melainkan sebuah perspektif hitam dan putih tentang realitas kehidupan, dari seorang kaum proletar sejati, dan bagi golongan akar serabut rumput. Kesulitan sudah terlalu menjadi bagian yang setia dalam hidup kita, sehingga kita dipaksa untuk selalu kokoh berdiri mendongak, diantara rasa gamang, rasa susah, dan juga putus asa.
Masihkah golongan seperti ini bisa disebut sebagai golongan tertindas..?? dimana pihak yang seharusnya tertindas masih dapat tersenyum diantara jeritan tangis yang sesak memenuhi dadanya. Menurut saya, ini merupakan cermin, dari sebuah sistem ekonomi bangsa, yang tidak pernah sanggup untuk menopang dirinya sendiri.
Wahai saudaraku, yang berdiri cemas, diantara lebatnya rumpun rumput ilalang, aku turut berbaris bersama kalian.

Nasib Muchsin Riyadi,34, dan istrinya, Sarinah,27, sungguh mengenaskan. Setelah menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK), hidupnya kian menderita. Mereka terpaksa menjual rumah warisan berukuran 4X4 M2 untuk membayar utang dan menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kini dia bersama anak dan suami menumpang bersama kedua orangtuanya. “Memang sih nggak enak membebani orangtua, tapi harus bagaimana lagi,“ tutur Sarinah. Belakangan ia bersama sekitar 70 dari 700 karyawan di-PHK oleh pimpinan perusahaan setempat.Ironisnya wanita yang sudah lima tahun bekerja itu tidak diberi pesangon, hanya gaji Rp800 ribu. Begitu suami yang sebelumnya bekerja sebagai buruh harian lepas di kontraktor PT. Delta, Cilincing, sama-sama di-PHK. Upaya melanjutkan kehidupan rumah tangganya, terpaksa mereka bekerja serabutan demi menafkahi keluarga.

Baca Berita Selengkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: