Kesaksian Budiman

“Aku menjadi saksi atas penderitaan rakyatku yang tengah berjuang, dan akan kubawa kesaksian itu sampai ke pembebasannya.”

Budiman Sudjatmiko (lahir di Cilacap, Jawa Tengah, 10 Maret 1970; umur 38 tahun) adalah aktivis dari Partai Rakyat Demokratik yang menjadi tersangka dalam kasus Peristiwa 27 Juli. Ia dinilai bertanggung jawab dalam Peristiwa 27 Juli 1996 dalam penyerbuan kantor Partai Demokrasi Indonesia dan kemudian dijebloskan ke penjara. Setelah Indonesia dipimpin oleh Presiden B.J. Habibie, ia dan para tersangka lain dari Peristiwa 27 Juli diberi ampunan dan dibebaskan oleh Pemerintah Indonesia.

Belakangan, dia dan beberapa aktivis sealiran dalam Partai Rakyat Demokratik, PIJAR serta GMNI merapat ke PDIP dengan maksud dan tujuannya masing – masing. Orang seperti Budiman ini termasuk langka di negeri ini, dapat dibilang, dia adalah salah satu tokoh pergerakan politik terbaik di negeri ini, bahkan dalam sebuah perbincangan santai, tidak ragu – ragu mendiang Pramoedya A Toer menyebutnya sebagai tonggak dari angkatan muda yang kelak akan menyelamatkan bangsa ini.

3 Comments

  1. mommo69 said,

    6 December, 2008 at 10:57 pm

    Post ini sebenarnya sudah agak lama, tapi baru saja sedikit saya edit, karena sebelumnya saya membuat tulisan ini, dengan berbagai referensi yang baku (baca : dokumen) dari berbagai media. Dan belakangan saya sering terlibat perbincangan yang cukup menarik dengan Mbak Febby Lintang, yang merupakan kawan seperjuangan dari Mas Budiman itu sendiri, dan beliau memberikan saya beberapa visi yang lebih jelas.
    Terimakasih Mbak Febby..

  2. 19 February, 2009 at 4:05 am

    Thanks Mas!

  3. mommo69 said,

    21 February, 2009 at 8:27 pm

    kembali mbak febby..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: