Ikan Dokter

Famili : Labridae
Genus : Labroides
Spesies : Labroides Dimiatus
Group : Wrasse Fishes
Name : Cleaner Wrasse


Dokter merupakan salah satu ikan penghuni karang sejati. Ikan ini dikenal dengan nama ikan dokter karena sifat dari keluarga ikan ini (baca : Wrasse) adalah ikan pembersih, ikan ini sering terlihat sedang membersihkan tubuh ikan lain yang berukuran lebih besar dengan cara memakan parasit yang tumbuh.
Tubuh ikan ini memanjang dengan ciri khas pola warna putih dan biru, ada pula yang memiliki corak tambahan berwarna kuning dengan harga jual di pasaran yang sedikit lebih mahal. Ikan ini sangat baik untuk dipelihara, terutama apabila kita memelihara ikan – ikan hias mahal yang berukuran cukup besar, selain bermanfaat ikan ini juga mudah memakan pakan apapun yang kita berikan, baik itu pakan awetan ataupun pakan segar.
Satu lagi keunikan dari ikan dokter, ikan ini sering terlihat lemas dan pura – pura mati di dasar aquarium atau pada dinding karang yang landai. Ikan ini juga sering menghilang beberapa hari, menurut literatur yang pernah saya baca, umumnya ikan ini bersembunyi di bawah pasir untuk beristirahat.

2 Comments

  1. rama said,

    26 February, 2009 at 7:54 pm

    gw beli ikan dokter, dan gw baca di beberapa forum, kalo ikan ini gag terlalu tahan untuk hidup lama kalo di pelihara di dalam tank…

    bener gag se?

  2. mommo69 said,

    28 February, 2009 at 12:50 am

    wah.. masa sih..??
    Menurut saya sih gak begitu masalah yah, soalnya yang saya punya udah cukup lama ada di akuarium saya, memang saya punya asalnya ada 2 ekor, tapi satu mati, dan itu pun mati karena digigit trigger saya yang kadang suka usil dengan ikan2 kecil. Kalo yang dimaksud forum yang anda sebutkan diatas adalah mati karena kualitas air, jawabannya bisa benar, soalnya ikan ini memang sedikit rentan dengan perubahan tingkat Ph yang drastis. Jadi menurut saya, selama air di akuarium memiliki kualitas yang baik, tentunya tidak akan menjadi masalah untuk ikan ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: