Trigger Fish


Famili : Balistidae
Genus : Rhinecanthus
Group : Triggerfishes
Nama dagang : Trigger matahariIkan Trigger adalah ikan buas yang lazim di pelihara dalam aquarium, ikan ini pun dapat dikatakan ikan dari golongan predator yang memiliki rating terfavorit untuk di pelihara aquaris, terutama trigger kembang. Umumnya ikan jenis trigger ini adalah ikan yang banyak terdapat pada laut perairan Indonesia, tidak jarang nelayan menemukan Trigger dalam jaring atau kail pancingnya, pada kalangan nelayan lebih dikenal dengan sebutan ikan belah ketupat. Ikan ini termasuk musuh para nelayan, karena ikan ini memiliki gigi2 yg tajam, yang sering memutuskan tali pancing atau merobek jala nelayan.  Ikan ini pun terkenal musuh beratnya para penyelam, karena ikan ini akan mati-matian mempertahankan daerahnya dari siapapun mahkluk asing yang berenang mendekati sarangnya, sifat ikan ini yang cukup brutal dan beringas, tidak pernah takut menyerang lawannya meskipun berukuran jauh lebih besar.
Disebut demikian karena umumnya ikan jenis ini berbentuk menyerupai belah ketupat dan lainnya sedikit menyerupai segitiga. Meskipun tergolong ikan buas, namun umumnya species ini tidak sulit bertahan dalam akuarium, spesies ini tergolong ikan yang dapat memakan pakan apapun, selama pakan yang dihadirkan adalah pakan untuk golongan carnivora, ikan ini memiliki penciuman yang sangat tajam, meskipun dalam keadaan lampu aquarium mati dan ruangan gelap, ikan ini sanggup untuk mengetahui sebuah potongan udang segar yang kita cemplungkan ke dalam akuarium.
Apabila ikan tersebut sudah dipelihara cukup lama, sesuai pengalaman penulis, bahkan ikan ini dapat makan potongan – potongan udang segar dari tangan kita sendiri, hanya saja anda harus extra hati – hati untuk melakukannya, karena gigi – gigi tajam dan besar siap merobek tangan anda sendiri apabila anda lengah. Ikan ini menjadi favorit para aquaris karena ikan tersebut ada dalam golongan ikan tidak beracun, seperti kita ketahui, beberapa ikan laut memiliki sifat racun neutroxic yang dapat langsung mengancam siapapun yang memegangnya.
Ikan ini sebenarnya tergolong ikan aktif pada siang dan malam hari, ikan golongan ini biasanya bermain – main pada siang hari, dan berburu pada malam hari. tips untuk anda yang tertarik memelihara ikan ini, buatlah celah dan goa – goa kecil untuk tempat berlindung ikan – ikan yang lebih kecil, karena ketika malam datang, ikan ini dapat mengancam kehidupan kawan – kawan lainnya yang berukuran lebih kecil.
Keindahan ikan ini biasanya selain dari bentuk yang unik, juga dari warna – warna yang indah, umumnya golongan trigger memiliki perpaduan warna yang cantik, contohnya trigger kembang, trigger matahari, triger liris dll. Untuk golongan ikan ini, penulis lebih menyukai jenis trigger matahari, karena menurut pengalaman saya memelihara spesies trigger, trigger matahari adalah jenis yang paling ramah dan tidak mengenal takut pada tuannya.

Varian lain dari ikan trigger :

trigger-fish1 pvwild34_clowntriggerfish

3 Comments

  1. siti nurhayati said,

    8 March, 2009 at 11:34 pm

    siip

  2. nurul said,

    21 December, 2009 at 3:04 pm

    Subbhanaallah menakjubkan

  3. fakri said,

    28 August, 2010 at 11:34 am

    Sayang ikan laut susah untuk merawatnya, airnya harus sesuai dengan suhu dihabitat aslinya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: