Protein Skimmer

Protein Skimmer adalah salah satu perangkat yang sering digunakan bahkan termasuk dalam kategori alat yang wajib dimiliki para hobiis aquarium laut khususnya yang berorientasi pada terumbu karang. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk memisahkan bahan padat terlarut dalam air dengan cara pengapungan melalui jasa gelembung – gelembung udara yang ditiupkan kedalam suatu kolom air. Dalam akuarium laut proses ini sering dianggap sebagai proses tiruan untuk menduplikasi fenomena alam yang terjadi di pantai pada saat hari – hari berangin. Pada kondisi seperti ini biasanya laut sering mendamparkan buih – buih ke pantai dengan membawa padatan terlarut yang menempel pada buih – buih tersebut, dan mengendapkannya disana.


Prinsip kerja dari sebuah protein skimmer adalah menciptakan kontak antara gelembung udara dengan koloid dn partikel – partikel padat. Efektifitasnya, oleh karena itu, akan sangat tergantung pada jumlah udara yang ditiupkan, ukuran gelembung udara, laju pergerakan gelembung dalam air, dan debit air.
Dalam satu liter air dapat dibuat sekitar 1000 gelembung udara dengan ukuran 5 mm, atau 1 milyar gelembung dengan ukuran 0.1 mm. Hal ini membuktikan bahwa, semakin gelembung yang dihasilkan, maka akan semakin besar pula luas permukaan kontaknya pada suatu volume udara yang sama. contoh ; 1 liter udara dalam bentuk gelembung 1 mm dapat disetarakan dengan 60 m2 luas permukaan, sedangkan bila ukuran gelembungnya adalah 0.1 mm luas permukaan nya akan setara dengan 60 m2. Untuk hal ini kesmpulan yang dapat di ambil adalah semakin kecil ukuran gelembung maka kerja alat ini akan semakin baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: