MARINE FISH AQUARIUM

MARINE FISH AQUARIUM Adalah akuarium yang berorientasi pada ikan hias air laut, umumnya memerlukan ruang akuarium yang lebih luas dan dalam. Ikan adalah biota yang aktif bergerak (berenang) ke sana-kemari, sehingga ukuran akuarium yang luas tentunya akan membuat mereka merasa berada seperti di habitatnya yang asli. Selain itu, ikan hias juga merupakan biota yang paling banyak menyebabkan polusi pada aquarium kita. Ikan – ikan hias yang cantik, seperti napoleon, anularis, pada umumnya hidup normal pada kedalaman 10 hingga 30 meter. Pada kedalaman demikian, pakan mereka tentunya tidak sama dengan jenis ikan – ikan hias yang berada pada kedalaman kurang dari 2 meter. Ikan – ikan yang hidup pada kedalaman 10-30 m, mereka umumnya sudah mengkonsumsi berbagai organisme yang hidup di laut dengan kedalaman tersebut, yang sudah sulit disediakan di darat, dan walaupun ada itu sudah tentu sangat mahal. Seperti polyp karang, copepods, amphipods, dinoflagellates dari gebus nocticula, kinorhynch dari genus echinoderes, sea gooseberry – pleubranchia pileus, comb jelly, beroe cucumis dan ratusan bahkan ribuan nama ajaib lainnya. Pakan mereka sebagian besar merupakan plankton yang hidup di laut yang sangat dalam. Pakan – pakan ini sebagian besar ada sebagai akibat dari adanya penarikan air dari laut dalam ke permukaan yang dikenal dengan istilah kelautan sebagai upwelling. Tekanan air laut pada kedalaman pada kedalaman hingga 30 m lebih, sudah mulai besar ketimbang dengan permukaan laut. Semakin kedalam zat – zat hara yang diperlukan ikan – ikan laut untuk berkembang juga banyak ditemui dibanding dengan permukaan laut yang kerap kali telah tercemar.

Informasi tersebut diatas menjadi penyebab mengapa ikan hias air laut sulit bertahan lama di akuarium. Memang ikan – ikan laut yang ganas sepeti hiu atau pari, kerap kali di jumpai di perairan dangkal. Hal ini mereka lakukan sebenarnya hanya untuk mencari makanan yang banyak dijumpai di perairan dangkal dan itupun pada waktu terjadi pasang naik air laut.

Ikan hias laut yang paling umum di pelihara adalah kelompok ikan hias karang. Contoh anggota dari kelompok ini seperti keluarga angel fish, damselfish, surgeon fish, butterfly fish, gobbies fish, banner fish, fox fish, frog fish dan lain sebagainya. Kelompok hobby yang ini pengetahuannya sama dengan hobiis akuarium koral/ karang. Sebab mendesain akuarium untuk hidup ikan pada kelompok ini. selain harus lebih dalam, juga harus memenuhi syarat – syarat yang diperlukan corals reef aquaria (Aliran Hobiis yang memelihara koral/ karang laut). Karena ikan hias kelompok ini tidak bisa sama sekali di pisahkan dari kehidupan terumbu karang.

Tampak sulit apabila kita hanya membacanya, namun apa yang harus kita lakukan bukan hanya sekedar membaca berbagai literasi tanpa mencoba nya sekaligus. Hobi akuarium air laut adalah hobi yang menyenangkan, ekslusif, dan terkesan mewah. Tetapi dengan pengetahuan yang cukup, dan keberanian memulai, tentunya keindahan terumbu karang di dasar laut akan dapat mudah kita nikmati di ruang – ruang dalam rumah kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: