Living System Dalam Akuarium Laut

Akuarium laut, pada intinya adalah satu sistem, sebelum kita sampai membuat satu akuarium laut atau sebelum anda melangkah lebih jauh dalam hobi yang satu ini, alangkah baiknya kita merencanakan dengan seksama sistem yang akan kita pilih.

Living System, adalah salah satu sistem akuarium laut yang paling banyak digunakan oleh hobiis, dan sangat disarankan untuk hobiis pemula dalam akuarium air laut. Selain lebih mudah perawatannya, juga tidak memerlukan perangkat – perangkat keras yang aneh/ rumit dan berharga terlalu tinggi.

Sistem ini, secara khusus memfokuskan perhatian pada masalah Batu Aktif (Live rock), Pasir Aktif (Live Sand) dan wadah plankton (refugium).

Variasi lebih lanjut dari Living System bisa kita pertimbangkan, untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana akuarium laut akan diposisikan di rumah kita. Umumnya variasi yang paling banyak digunakan yaitu All In One dan Double Tank Systems. Pilihan mana yang akan paling sesuai untuk kebutuhan anda ? jawabannya sangat tergantung pada kondisi lingkungan dan khususnya adalah luas lokasi dimana akuarium laut akan kita posisikan. Dalam hal ini, saya akan mengangkat terlebih dahulu tentang All In One System.

All In One Sistem
Pada sistem ini, kita hanya akan menggunakan satu akuarium dalam sistem kita. Akuarium berfungsi sebagai akuarium utama (main tank) juga berfungsi sebagai sump box dan refugium. Pada sistem ini memerlukan aquarium yang lebih luas dan panjang.

Disarankan minimal dengan panjang 2 m. Karena tidak ada akuarium atau wadah lain untuk sump, maka pada sistem ini, undergravel filter mutlak diperlukan. Dan tentu saja menggunakan beberapa internal skimmer sebab kapasitas akuariumnya besar. Internal skimmer juga di sesuaikan, tidak boleh terlalu banyak, sebab ammonia dalam jumlah tertentu tetap diperlukan oleh sistem kita untuk perkembangan bakteri yang menguntungkan. Dalam hal ini, saya menyarankan, lebih baik satu tapi cukup besar dari pada banyak namun kecil, selain mengganggu pemandangan, juga akan terlalu banyak membuang protein dan ammonia yang mutlak diperlukan plankton untunk berkembang biak. Untuk pemasangannya, dapat anda gunakan kreatifitas dan imajinasi anda sendiri dengan menyembunyikan diantara celah live rock atau di belakangnya.

Akuarium utama ini dirancang sedemikian rupa, lapisan dasar akuarium yang terdiri dari undergravel filter (sebagai bak plankton) dengan lapisan pasir aktif (live sand), dan pecahan koral diatasnya, lapisan ini berfungsi umtuk media tempat dimana bakteri pemecah ammonia (nitrobacteria) tumbuh dan berkembang agar dapat menciptakan siklus nitrogen yang baik dalam akuarium kita.

Susunan live rock juga berfungsi sebagai pengatur aliran arus (curent) dalam akuarium, lebih dari itu, batu hidup ini juga berfungsi sebagai tempat yang ideal untuk sejumlah mikroorganisme yang akan membersihkan secara otomatis partikel – partikel racun dari sisa – sisa kotoran biota yang kita pelihara nantinya. Maka tidak heran, beberapa dari plankton dan bakteri yang tumbuh di laut sering di sebut sebagai live filter media oleh para ilmuwan kelautan profesional.

Setelah lapisan undergravel filter ini, berikutnya isi akuarium juga harus diatur sedemikian rupa sehingga berfungsi juga sebagai refugium. Masukkan berbagai jenis rumput dan tanaman laut berklorofil, misalnya dari jenis caulerpa, susun mereka pada sudut – sudut tertentu agar dapat terkena cahaya yang memadai, rumput – rumput ini akan menjadi hutan kecil dalam sistem yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan plankton berjenis nabati (phytoplankton).

Dalam sistem ini, hobiis di tuntut harus pintar menyusun akuariumnya, termasuk pemilihan jenis koleksinya (ikan) secara tepat agar satu sama lain bisa saling mendukung dalam pertumbuhan hidupnya sebagai sebuah kesatuan ekosistem yang kompleks. Bagaimana… mudah bukan…??
Tunggu tips berikutnya mengenai Double Tank Systems dan tips – tips mudah lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: